tugas 5_SIKOLOGI (SENI RUPA) ANAK



Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa yang kemudian dirumuskan sebagai pembahasan tentang kesadaran dan kemudian di perjelas lagi menjadi ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku organisme dalam kehidupan. Selain itu psikologi membahas tentang prilaku manusia dalam berinteraksi dengan lingkunagan, baik lingkungan sosial maupun lingkungan non sosial. Prilaku yang dimaksud dalam pembahasan psikologi ini adalah suatu aktivitas yang meliputi proses berpikir, emosi, dan dalam mengambil keputusan. Psikologi anak adalah proses prekembangan prilaku untuk mengenal bagaimana lingkunag sekitar dan bagaimana cara berpikirnya.
Pada masa perkembangannya anak sangatlah mudah menangkap apa yang terjadi disekitarnya dan kemudian mereka akan menerapkan atau meniru apa yang mereka lihat. Jadi pada masa anak-anaklah mereka sangat membutuhkan bimbingan lebih dari orang tua untuk menjadi anak-anak yang baik dalam berpikir, beraktivias, berekspresi dan mengendalikan emosinya.
Perkembangan psikologi anak sangat lah penting diperhaatikan oleh orang tua dan guru karena proses tumbuh kembang anak akan mempengaruhi kehidupan mereka pada masa yang akan datang. Anak merupakan kelompok yang berada dalam peroses perkembangan yang unik karena peroses perkembangannya terjadi bersamaan dengan masa keemasan/peka.
Dalam peroses perkembangan psikologi anak, terutama kaitanya tentang seni, anak atau usia dini anak banyak melakukan hal yang aneh atau unik, misalkan mengambar dengan mencorat-coret tembok, menggambar dengan menggunakan warna-warna yang berbeda yang tidak sesuai dengan kenyataan, misalnya mewarnai pohon dengan warna merah, dalam berkarya pada masa anak-anak juga banyak menggunakan imajinasinya, seperti menggambar matahari tersenyum dan lain sebagainya. Keunikan ini perlu disadari oleh para orang tua dan guru bahwa masa anak-anak merupakan cermin dari apa yang semula ditangkap dan kemudian dirasakan oleh anak. Ia tidak menggambarkan hanya dari apa yang dipikirkannya atau dari yang dilihatnya, melainkan hasil gambar merupakan hasil dari apa yang dilihatnya dengan perasaan, imajinasi yang diasosiasikan dan diungkapkan ke dalan bentuk gambar. 

Dari apa yang digambar oleh beberapa anak akan muncul beberapa gambar yang saling berbeda misalnya ada anak yang meniru alam, ada yang menghilangkan sebagian unsur objek yang digambarkan, ada yang menggambar kesan dan sebagainya. Ungkapan seni rupa anak-anak umumnya menampilkan bentuk karya dengan ciri bebas, unik dan kreatif, goresan spontanitas, ekspresif, periodesasi (masa), perkembangan gambar dan kesan ruang gambar yang dibuatnya. Dilihat dari cara pewarnaannya juga berbeda-beda ada yang senang menggunakan campuran warna dan ada yang senang dengan warna-warni dan lain sebagainya. Jadi pada masa anak-anak ini biarkan mereka bebas berkarya dan menuangkan ekspresinya dan jangan mematok mereka atau membatasi mereka dengan atura-aturan dalam berkarya.
Berikut beberapa contoh karya anak yang kebetulan saya ambil di google
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhz2CCOPkyOmTMmyuc0OMD-Mha0uv1ukRnA62s2SCwmp3_pZXf7tjObEymjziLfMcmN6iKnw_tC7qWzjNtxY8pvgPfIj0UihEchfQHKGFveEiwfdqgylsre7z1z_NOfA8z6k8csYxz-UmM/s1600/100_1047.JPG

http://sdmuhcc.net/gallery/cache/lukisan-karya-anak/dsc03270_1_525.jpg


0 komentar:

Posting Komentar