Tugas 11 Perkembangan Peserta Didik



Menganalisis Gambar Anak



Selasa, 03 November 2015 dalam perkuliahan Perkembangan Peserta Didik jurusan Pendidikan Seni Rupa, Universitas Pendidikan Ganesha, saya mempresentasikan beberapa karya anak. Karya-karya anak tersebut saya peroleh dengan berbagai cara. Ada yang secara langsung ke Taman Kanak-kanak dekat rumah yang namanya TK NEGERI PEMBINA TEJAKULA dan ada yang minta ke saudara.
Dari beberapa gambar yang saya presentasikan, saya akan membahas 2 karya yang anggap saya menarik untuk di ulas. Berikut adalah karya-karya tersebut.




Karya Suputra usia 5 tahun




Karya Putri Lestari Namny usia 9 tahun

Secara visual karya Supura dengan karya Putri Lestari menggambarkan objek yang sama yaitu menggar pelangi. Namun kalau diamati, jelas kedua karya diatas terdapat perbedaan yang sangat terlihat atau menonjol.
Suputra yang berusia 5 tahun dalam karyanya menggambarkan pelangi dengan goresan yang berwarna-warni. Meskipun ada pengulangan warna dari karya Suputra, tetapi pewarnaan pelangi masih belum lengkap. Warna yang digoreskan pada karya Suputra identik dengan warna merah, kuning, hijau. Menurut saya, pewarnaan pelangi pada karya Suputra ini dipengaruhi oleh lagu anak-anak yang sering dinyanyikan di sekolah Taman Kanak-kana (TK).

Pelangi

Pelangi pelangi
Alangkah indahmu
Merah, kuning, hijau
Di langit yang biru

Pelukismu Agung, siapa gerangan
Pelangi, pelangi, ciptaan Tuhan!

Lain halnya dengan karya Putu Putri Lestari yang berusia 9 tahun. Karya Putri juga menggambarkan pelangi. Namun karya Putri menampilkan warna yang lebih kompleks atau lebih lengkap (ME,JI,KU,HI,BI,NI,U) Teknik mewarnaipun sudah mulai kompleks tidak sekedar sekali gores saja seperti karya Suputra tadi. Putri juga sudah memikirkan komposisi dan  ruang, dia sudah berani mengambar dengan memenuhi kertas yang disediakan. Menurut penjelasan dari Putri, ia memperoleh pengetahuan tentang pewarnaan pelangi dari guru seni budayanya. Selain itu ME,JI,KU,HI,NI,U ini kerap dijadikan permainan, sehingga anak-anak dengan mudah memingatnya
Dari kedua gambar diatas terlihat perbedaan bahwa usia anak dan tingkat pendidikan anak akan mempengaruhi hasil karya anak itu sendiri. Di tingkat TK karena sudah diajarkan lagu tentang pelangi jadi penggambaran objek pelanginya pun dengan warna yang anak-anak ketahui dari lagu tersebut. Sedangkan di tingkat SD, pengetahuan anak sudah lebih luas mengenai warna pada pelangi sesuai dengan apa yang mereka dapatkan di sekolah. Jadi tingkat usia dan tingkat pendidikan sangat berpengaruh dalam karya anak












Catatan
gambar yang diambil menggunakan kamera hp blackberry 9330

Sumber
http://lirik.kapanlagi.com/artis/lagu_anak_indonesia/pelangi (diakses pada hari Sabtu, 12 Desember 2015, pukul 02.55 wita)

0 komentar:

Posting Komentar