Guru sebagai pendidik profesional mempunyai tugas utama mendidik,
mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta
didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar,
dan pendidikan menengah. Selain tugas utamanya tersebut, guru juga dimungkinkan
memiliki tugastugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Oleh
karena itu, dalampenilaian kinerja guru beberapa subunsur yang perlu dinilai
diantaranya Penilaian kinerja yang terkait dengan pelaksanaan proses
pembelajaran bagi guru mata pelajaran atau guru kelas.
Penilaian kinerja yang terkait dengan pelaksanaan proses
pembelajaran bagi guru mata pelajaran atau guru kelas meliputi kegiatan
merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi dan menilai,
menganalisis hasil penilaian, dan melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian
dalam menerapkan 4 (empat) domain kompetensi yang harus dimiliki oleh guru
sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang
Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Pengelolaan pembelajaran
tersebut mensyaratkan guru menguasai 24 (dua puluh empat) kompetensi yang
dikelompokkan ke dalam kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan
profesional. Untuk mempermudah penilaian dalam PK GURU, 24 (dua puluh empat)
kompetensi tersebut dirangkum menjadi 14 (empat belas) kompetensi sebagaimana
dipublikasikan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Rincian jumlah kompetensi tersebut diuraikan dalam Tabel berikut ini.
Rincian jumlah kompetensi tersebut diuraikan dalam Tabel berikut ini.
NO
|
Ranah
Kompetensi
|
Jumlah
|
|
Kompetensi
|
Indikator
|
||
1
|
Pedagogik
|
7
|
45
|
2
|
Kepribadian
|
3
|
18
|
3
|
Social
|
2
|
6
|
4
|
Profesional
|
2
|
9
|
Total
|
14
|
78
|
Kompetensi
1
|
:
|
Mengenal
karakteristik peserta didik
|
Jenis
dan cara menilai
|
:
|
Kompetensi
Pedagogik (Pengamatan dan Pemantauan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru
mencatat dan menggunakan informasi tentang karakteristik peserta didik untuk
membantu proses pembelajaran. Karakteristik ini terkait dengan aspek fisik
intelektual, sosial emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya.
|
Indikator
- Guru dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya.
- Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
- Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.
- Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya.
- Guru membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik.
- Guru memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan (tersisihkan, diolok‐olok, minder, dsb).
Kompetensi
2
|
:
|
Menguasai
teori belajar dan prinsip‐prinsip pembelajaran yang
mendidik.
|
Jenis
dan cara menilai
|
:
|
Pedagogik
(Pengamatan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru
menetapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran
yang mendidik secara kreatif sesuai dengan standar kompetensi guru. Guru
menyesuaikan metode pembelajaran supaya sesuai dengan karakteristik peserta
didik dan memotivasi mereka untuk belajar.
|
Indikator
- Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi.
- Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
- Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran.
- Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi kemauan belajar peserta didik.
- Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta didik.
- Guru memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
Kompetensi
3
|
:
|
Pengembangan
kurikulum
|
Jenis
dan cara menilai
|
:
|
Pedagogik
(Pengamatan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru
menyusun silabus sesuai dengan tujuan terpenting kurikulum dan menggunakan
RPP sesuai dengan tujuan dan lingkungan pembelajaran. Guru memilih, menyusun,
dan menata materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik
|
Indikator
- Guru dapat menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum.
- Guru merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan.
- Guru mengikuti urutan materi pembelajaran dengan memperhatikan tujuan pembelajaran.
- Guru memilih materi pembelajaran yang: a) sesuai dengan tujuan pembelajaran, b) tepat dan mutakhir, c) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik, d) dapat dilaksanakan di kelas dan e) sesuai dengan konteks kehidupan sehari‐hari peserta didik.
Kompetensi
4
|
:
|
Kegiatan
pembelajaran yang mendidik
|
Jenis
dan cara menilai
|
:
|
Pedagogik
(Pengamatan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru
menyusun dan melaksanakan rancangan pembelajaran yang mendidik secara
lengkap. Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan
peserta didik. Guru menyusun dan menggunakan berbagai materi pembelajaran dan
sumber belajar sesuai dengan karakteristik peserta didik. Jika relevan, guru
memanfaatkan teknologi informasi komunikasi (TIK) untuk kepentingan
pembelajaran
|
Indikator
- Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah disusun secara lengkap dan pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang tujuannya.
- Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses belajar peserta didik, bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik merasa tertekan.
- Guru mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materi tambahan) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik.
- Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan semata‐mata kesalahan yang harus dikoreksi. Misalnya: dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik lain yang setuju/tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban yg benar.
- Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya dengan konteks kehidupan sehari‐hari peserta didik.
- Guru melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar dan mempertahankan perhatian peserta didik.
- Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua waktu peserta dapat termanfaatkan secara produktif.
- Guru mampu menyesuaikan aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas.
- Guru memberikan banyak kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta didik lain.
- Guru mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara sistematis untuk membantu proses belajar peserta didik. Sebagai contoh: guru menambah informasi baru setelah mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya.
- Guru menggunakan alat bantu mengajar, dan/atau audio‐visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Kompetensi
5
|
:
|
Memahami
dan mengembangkan potensi
|
Jenis
dan cara menilai
|
:
|
Pedagogik
(Pengamatan dan Pemantauan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru
menganalisis potensi pembelajaran setiap peserta didik dan mengidentifikasi
pengembangan potensi peserta didik melalui program pembelajaran yang
mendukung siswa mengaktualisasikan potensi akademik, kepribadian, dan
kreativitasnya sampai ada bukti jelas bahwa peserta didik mengaktualisasikan
potensi mereka
|
Indikator
- Guru menganalisis hasil belajar berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk mengetahui tingkat kemajuan masing‐masing.
- Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecakapan dan pola belajar masing‐masing.
- Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran untuk memunculkan daya kreativitas dan kemampuan berfikir kritis peserta didik.
- Guru secara aktif membantu peserta didik dalam proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada setiap individu.
- Guru dapat mengidentifikasi dengan benar tentang bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar masingmasing peserta didik.
- Guru memberikan kesempatan belajar kepada peserta didik sesuai dengan cara belajarnya masingmasing.
- Guru memusatkan perhatian pada interaksi dengan peserta didik dan mendorongnya untuk memahami dan menggunakan informasi yang disampaikan.
Kompetensi
6
|
:
|
Komunikasi
dengan peserta didik
|
Jenis
dan cara menilai
|
:
|
Pedagogik
(Pengamatan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru
berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dan
bersikap antusias dan positif. Guru memberikan respon yang lengkap dan
relevan kepada komentar atau pertanyaan peserta didik
|
Indikator
- uru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.
- Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan tersebut.
- Guru menanggapi pertanyaan peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya.
- Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antarpeserta didik.
- Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
- uru memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik.
Kompetensi
7
|
:
|
Penilaian
dan Evaluasi
|
Jenis
dan cara menilai
|
:
|
Pedagogik
(Pengamatan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru
menyelenggarakan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan.
Guru melakukan evaluasi atas efektivitas proses dan hasil belajar dan
menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program
remedial dan pengayaan. Guru menggunakan hasil analisis penilaian dalam
proses pembelajarannya
|
Indikator
- Guru menyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu seperti yang tertulis dalam RPP.
- Guru melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik dan jenis penilaian, selain penilaian formal yang dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan hasil serta implikasinya kepada peserta didik, tentang tingkat pemahaman terhadap materi pembelajaran yang telah dan akan dipelajari.
- Guru menganalisis hasil penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan masing‐masing peserta didik untuk keperluan remedial dan pengayaan.
- Guru memanfaatkan masukan dari peserta didik dan merefleksikannya untuk meningkatkan pembelajaran selanjutnya, dan dapat membuktikannya melalui catatan, jurnal pembelajaran, rancangan pembelajaran, materi tambahan, dan sebagainya.
- Guru memanfatkan hasil penilaian sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
Kompetensi
8
|
:
|
Bertindak
sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia
|
Jenis
dan cara menilai
|
:
|
Kepribadian
(Pengamatan dan Pemantauan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru
bertindak sesuai dengan hukum di Indonesia. Semua kegiatan yang dilaksanakan
oleh guru mengindikasikan penghargaanya terhadap berbagai keberagaman agama,
keyakinan yang dianut, suku, adat istiadat daerah asal, latar belakang sosial
ekonomi, dan/atau tampilan fisik.
|
.Indikator
- Guru menghargai dan mempromosikan prinsip‐prinsip Pancasila sebagai dasar ideologi dan etika bagi semua warga Indonesia.
- Guru mengembangkan kerjasama dan membina kebersamaan dengan teman sejawat tanpa memperhatikan perbedaan yang ada (misalnya: suku, agama, dan gender).
- Guru saling menghormati dan menghargai teman sejawat sesuai dengan kondisi dan keberadaan masing‐masing.
- Guru memiliki rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia.
- Guru mempunyai pandangan yang luas tentang keberagaman bangsa Indonesia (misalnya: budaya, suku, agama).
Kompetensi
9
|
:
|
Menunjukkan
pribadi yang dewasa dan teladan
|
Jenis
dan cara menilai
|
:
|
Kepribadian
(Pengamatan dan Pemantauan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru
menampilkan diri sebagai teladan bagi peserta didik dan masyarakat. Guru
dihormati oleh peserta didiknya dan oleh anggota masyarakat sekitarnya,
termasuk orang tua siswa.
|
Indikator
- Guru bertingkah laku sopan dalam berbicara, berpenampilan, dan berbuat terhadap semua peserta didik, orang tua, dan teman sejawat.
- Guru mau membagi pengalamannya dengan kolega, termasuk mengundang mereka untuk mengobservasi cara mengajarnya dan memberikan masukan.
- Guru mampu mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta didik, sehingga semua peserta didik selalu memperhatikan guru dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
- Guru bersikap dewasa dalam menerima masukan dari peserta didik dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran.
- Guru berperilaku baik untuk mencitrakan nama baik sekolah.
Kompetensi
10
|
:
|
Etos
kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
|
Jenis
dan cara menilai
|
:
|
Kepribadian
(Pengamatan dan Pemantauan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru
berperilaku sesuai dengan kode etik profesi guru. Guru melaksanakan tugasnya
sesuai dengan harapan kepala sekolah/madrasah dan komite sekolah/madrasah.
Semua kegiatan guru memperhatikan kebutuhan peserta didik, teman sekerja, dan
tujuan sekolah..
|
Indikator
- Guru mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu. Jika guru harus meninggalkan kelas, guru mengaktifkan siswa dengan melakukan hal‐hal produktif terkait dengan mata pelajaran, dan meminta guru piket atau guru lain untuk mengawasi kelas.
- Guru memenuhi jam mengajar dan dapat melakukan semua kegiatan lain di luar jam mengajar berdasarkan ijin dan persetujuan pengelola sekolah.
- Guru meminta ijin dan memberitahu lebih awal, dengan memberikan alasan dan bukti yang sah jika tidak menghadiri kegiatan yang telah direncanakan, termasuk proses pembelajaran di kelas.
- Guru menyelesaikan semua tugas administratif dan non‐pembelajaran dengan tepat waktu sesuai standar yang ditetapkan.
- Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya.
- Guru memberikan kontribusi terhadap pengembangan sekolah dan mempunyai prestasi yang berdampak positif terhadap nama baik sekolah.
- Guru merasa bangga dengan profesinya sebagai guru.
Kompetensi
11
|
:
|
Bersikap
inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif.
|
Jenis
dan cara menilai
|
:
|
Sosial
(Pengamatan dan Pemantauan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru
menghargai peserta didik, orang tua peserta didik dan teman sejawat. Guru
bertindak inklusif, serta tidak diskriminatif terhadap peserta didik, teman
sejawat, dan masyarakat sekitar. Guru menerapkan metode pembelajaran yang
memfasilitasi pembelajaran semua peserta didik.
|
Indikator
- Guru memperlakukan semua peserta didik secara adil, memberikan perhatian dan bantuan sesuai kebutuhan masing‐masing, tanpa memperdulikan faktor personal.
- Guru menjaga hubungan baik dan peduli dengan teman sejawat (bersifat inklusif), serta berkontribusi positif terhadap semua diskusi formal dan informal terkait dengan pekerjaannya.
- Guru sering berinteraksi dengan peserta didik dan tidak membatasi perhatiannya hanya pada kelompok tertentu (misalnya: peserta didik yang pandai, kaya, berasal dari daerah yang sama dengan guru).
Kompetensi
12
|
:
|
Komunikasi
dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua peserta didik, dan
masyarakat.
|
Jenis
dan cara menilai
|
:
|
Sosial
(Pemantauan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru
berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan dengan orang tua
peserta didik dan masyarakat. Guru menyediakan informasi resmi (baik lisan
maupun tulisan) kepada orang tua peserta didik tentang program pembelajaran
dan kemajuan peserta didik (sekurang‐kurangnya dua kali dalam setahun).
Guru berpartisipasi dalam kegiatan kerjasama antara sekolah dan masyarakat
dan berkomunikasi dengan komunitas profesi dan berpartisipasi dalam kegiatan
yang relevan.
|
Indikator
- Guru menyampaikan informasi tentang kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta didik kepada orang tuanya, baik dalam pertemuan formal maupun tidak formal antara guru dan orang tua, teman sejawat, dan dapat menunjukkan buktinya.
- Guru ikut berperan aktif dalam kegiatan di luar pembelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah dan masyarakat dan dapat memberikan bukti keikutsertaannya.
- Guru memperhatikan sekolah sebagai bagian dari masyarakat, berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, serta berperan dalam kegiatan sosial di masyarakat.
Kompetensi
13
|
:
|
Penguasaan
materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
diampu
|
Jenis
dan cara menilai
|
:
|
Profesional
(Pemantauan)
|
Pernyataan
|
:
|
Rancangan,
materi dan kegiatan pembelajaran, penyajian materi baru dan respon guru
terhadap peserta didik memuat informasi pelajaran yang tepat dan mutakhir.
Pengetahuan ini ditampilkan sesuai dengan usia dan tingkat pembelajaran
peserta didik. Guru benar‐benar memahami mata pelajaran dan bagaimana mata pelajaran
tersebut disajikan di dalam kurikulum. Guru dapat mengatur, menyesuaikan dan
menambah aktifitas untuk membantu peserta didik menguasai aspek aspek penting
dari suatu pelajaran dan meningkatkan minat dan perhatian peserta didik
terhadap pelajaran
|
Indikator
- Guru melakukan pemetaan standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya, untuk mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap sulit, melakukan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu yang diperlukan.
- Guru menyertakan informasi yang tepat dan mutakhir di dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
- Guru menyusun materi, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi yang tepat, mutakhir, dan yang membantu peserta didik untuk memahami konsep materi pembelajaran.
Kompetensi
14
|
:
|
Mengembangkan
keprofesian melalui tindakan reflektif
|
Jenis
dan cara menilai
|
:
|
Profesional
(Pemantauan)
|
Pernyataan
|
:
|
Guru
melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus dan
memanfaatkan hasil refleksi untuk meningkatkan keprofesian. Guru melakukan
penelitian tindakan kelas dan mengikuti perkembangan keprofesian melalui
belajar dari berbagai sumber, guru juga memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi
dan pengembangan keprofesian jika dimungkinkan.
|
Indikator
- Guru melakukan evaluasi diri secara spesifik, lengkap, dan didukung dengan contoh pengalaman diri sendiri.
- Guru memiliki jurnal pembelajaran, catatan masukan dari teman sejawat atau hasil penilaian proses pembelajaran sebagai bukti yang menggambarkan kinerjanya.
- Guru memanfaatkan bukti gambaran kinerjanya untuk mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran selanjutnya dalam program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
- Guru dapat mengaplikasikan pengalaman PKB dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran dan tindak lanjutnya.
- Guru melakukan penelitian, mengembangkan karya inovasi, mengikuti kegiatan ilmiah (misalnya seminar, konferensi), dan aktif dalam melaksanakan PKB.
- Guru dapat memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi dan pelaksanaan PKB
Sumber
http://al-maududy.blogspot.co.id/2014/10/kompetensi-guru-kelasmata-pelajaran-dan.html (diakses pada hari Minggu, 15
November 2015, pukul 00.02 wita)
0 komentar:
Posting Komentar